Apakah Ibu Hamil Boleh Berolahraga?

Kehamilan pastilah sesuatu yang sangat diidam-idamkan seorang wanita karena kebahagiaan sebagai seorang ibu adalah saat dimana dia dipanggil dengan sebutan ibu oleh anak-anaknya. Setelah memiliki suami maka anak adalah porsi yang semakin melengkapi sebuah keluarga. Selamat ya buat bunda yang hari ini tengah mengandung, semoga bayinya sehat dan cakep seperti orang tuanya, Aamiin..

Nah bunda yang baru pertama kali merasakan kehamilan tentu saja akan banyak pertanyaan sentang segala sesuatunya. Apa saja yang boleh dan apa saja yang tidak boleh dilakukan saat kehamilan berlangsung. Semua hal pasti jadi pertanyaan sang bunda, tujuannya satu yaitu agar dedek bayi yang ada dalam kandungan tetap aman dan sehat sampai waktu ia dilahirkan.

Nah kali ini kita akan mengulas tentang apakah ibu hamil boleh berolahraga? jawabanya adalah boleh. Hanya saja jangan melakukan olahraga yang berat seperti angkat besi, tinju, balap mobil dan sebagainya (maaf ya bund, cuma bercanda). Boleh saja seorang Ibu hamil melakukan kegiatan olahraga. Bahkan sangat dianjurkan untuk kesehatan dedek bayi dan bundanya. Jangan biarkan mindset kita terpola dengan sesuatu yang tidak benar seperti kebanyakan yang beredar dimasyarakat bahwa ibu hamil tidak boleh olahraga karena nanti bisa keguguran.
apakah Ibu Hamil Boleh Berolahraga

Tidak ya bund, olahraga ringan tetap harus dilakukan selama kehamilan berlangsung karena dengan berolah raga akan  dapat mengurangi morning sickness yang dialaminya. Bahkan untuk usia kehamilan tua, olahraga dapat membantu kelancaran saat bersalin nanti. Kita paham kok bahwa saat mengandung kondisi bunda menjadi lebih berat dari sebelumnya. Organ tubuh menjadi bekerja secara dua kali lebih berat. Oleh karena itulah kondisi ibu hamil menjadi lemah dan mudah sakit, kadang pusing, mudah sekali lelah dan sebagainya. Karena kondisi itu juga diceritakan dalam alquran.

Dan Kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada dua orang ibu- bapanya; ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah- tambah, dan menyapihnya dalam dua tahun. Bersyukurlah kepadaKu dan kepada dua orang ibu bapakmu, hanya kepada-Kulah kembalimu.(QS. Luqman (31): 14)

Semakin tua usia kehamilan maka semakin lemah kondisi sang bunda. Itulah kenapa Allah memuliakan seorang ibu dengan menjadikannya seorang yang harus lebih diutamakan untuk ditaati dan disayangi daripada sang Ayah. 

Baiklah sekarang kita akan menjelaskan olahraga apa saja yang cocok untuk bunda lakukan saat sedang hamil. Yuk kita mulai :

Pertama adalah Jalan Kaki.
Buat bunda jalan kaki merupakan olahraga yang cocok untuk dilakukan paling tidak 15 menit. Olahraga ini baik dilakukan saat pagi dimana udara segar sedang menyapa bumi kita ini.

Kedua adalah Senam Ibu Hamil.
Nah untuk ini harus ada panduannya dan tidak boleh asal senam. Contoh senamnya banyak kok di youtube, bunda bisa pilih disana yang bunda rasa cocok dan nyaman dilakukan.

Ketiga adalah berenang.
Berenang ini sangat baik dilakukan saat hamil karena dapat melenturkan otot-otot yang bengkak saat kehamilan berlangsung. Tapi ingat ya bund, jangan sampai terminum air kolamnya ya. Diusahakan untuk tidak terminum airnya, apalagi bunda berenang dikolam renang umum. Sebaiknya berenang ditampat tertutup agar aurat kita tetap terjaga.

Demikian penjelasan tentang pertanyaan yang ada didalam benak bunda tentang apakah Ibu Hamil Boleh Berolahraga semoga artikel ini bermanfaat. Terakhir kami doakan agar sang dedek bayi tetep sehat bersama bundanya juga. Menjadi anak yang berbakti pada orang tuanya kelak, Aamiin...

Bagikan artikel ke:

Facebook Google+ Twitter