Cara Mudah Merawat Bayi dengan 10 Cara

Cara Mudah Merawat Bayi dengan 10 Cara | Tentu saja merawat bayi akan mudah jika anda mengerti  trik nya. Berikut ini adalah trik praktis dalam upaya merawat bayi anda.

1. Terdapat cairan berwarna putih di tali pusat bayi yang masih basah.
 Tak perlu repot, hanya cukup memastikan bahwa tali tersebut tidak berbau. Caranya : Setelah bayi selesai dimandikan, bungkuslah tali pusat dengan kain kasa yang bersih dan jangan ditaburi apapun.

2. Mata Bayi lengket
Caranya : Bersihkan dengan kapas matanya, namun terlebih dahulu kapas dibasahi dengan air matang dimulai dari arah hidung menuju ke telinga. buang kapas lalu ganti dengan yang baru jika ingin membersihkan lagi.
Catatan : Bila terdapat cairan kuning dan sangat lengket maka segeralah periksakan ke dokter.

3. Mulut Bayi Berbau kurang sedap.

Bisa jadi karena liur yang menetes karena giginya sudah mulai tumbuh. Untuk menjaga kesehatan gigi dan mulutnya maka biasakan setiap selesai makan ataupun minum susu segera bersihkan mulutnya dengan sikat khusus ataupun bisa dengan menggunakan kain kasa basah lalu celupkan ke air matang dan gsokkan secara lembut ke gigi gigi nya.


4. Gigi gigi bayi mulai tumbuh
Biasanya bayi akan menjadi malas makan dan bahkan lebih rewel di malam hari karena gusinya sakit dan mulut mengeluarkan banyak liur. Berikan mainan gigit-gigitan yang bersih dan steril   selain itu bisa juga melakukan pijitan lembut ke gusi bayi agar bayi lebih nyaman.

5. Ada becak merah pada sekitaran mulut dan pipi bayi
Bisa jadi hal ini disebabkan oleh bekas tetesan air susu atau asi. Biasakan membersihkan tumpahan susu atau asi ketika bayi sudah selesai minum susu ataupun asi dengan mengunakan kain yang basah. Jangan menaburkan bedak pada kulit yang kemerahan karena akanmenyebabkan kulit kering dan menjadi gatal.

6. Hidung Bayi Tersumbat atau Mampet
Berikan krim atau minyak penghangat khusus untuk bayi dengan cara mengoleskan ke dada nya. namun jika kulit bayi sensitif maka bisa dioleskan di bagian luar pakaian bayi tersebut.

7. Bayi mengalami Pilek
Berikan Bayi minum yang cukup atau berikan asi yang cukup agar bayi tidak kekurangan cairan. Selain itu bayi juga bisa dijemur pada cahaya matahari yang sehat. Bersihkan ingus bayi dengan kain yang bersih dan lembut. bisa juga menggunakan tisu.

8. Panas Banda Banyi tidak turun hingga lebih dari dua hari.
Langsung bawa bayi ke dokter, karena demam itu bisa disebabkan oleh infeksi. jangan sembarang memberikan obat penurun panas tanpa disertai konsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

9. Jika Bayi mengalami Sembelit
Pijat perut bayi secara perlahan dari arah kanan bawah perut bayi sambil membentuk "hati" dengan gerakan yang searah dengan jarum jam. Jika bayi masih minum asi maka sang ibunda harus makan banyak serat. Jika bayi sudah makan makanan pendamping Asi, bisa memberikan jus buah pada bayi ataupun kuah sayur pada makanannya.

10. Bila Bayi Mengalami Diare karen alergi susu sapi
Bila Bayi masih minum asi eksklusif, maka sang Ibunda Harus menghindari makanan yang mengandung susu sapi, seperti es krim, ataupun keju.
Perhatikan makanan padat yang biasa bayi makan, apakah mengandung susu sapi atau tidak.
lakukan pemeriksaan ke dokter bila alergi masih muncul ketika bayi sudah dijauhkan dari makanan yang mengandung susu sapi.

Berikut Cara Mudah Merawat Bayi dengan 10 Cara,  semoga bisa bermanfaat dan bayi anda senantiasa sehat selalu, Aamiin.

Bagikan artikel ke:

Facebook Google+ Twitter