Tips Bagaimana Mengatasi Penyakit Turun Berok atau Hernia

Hernia atau biasa juga disebut dengan Turun Berok adalah sejenis penyakit yang bisa menjadi sangat berbahaya bila tidak segera diatasi karena bisa mengakibatkan penderitanya sulit untuk berjalan. Jika sudah kasep, maka penderita harus segera dioperasi. Penyakit Turun Berok ini rawan diderita oleh pria dengan tidak mengenal batasan usia mulai dari bayi hingga orang yang sudah anjut usia pun bisa terjangkiti penyakit ini.

Ciri ciri Hernia atau Turun Berok
Salah satu yang menjadi ciri penyakit ini adalah rasa nyeri pada bagian bawah perut, biasanya akan semakin sakit jika sedang batuk atau mengangkat benda yang berat. Biasanya muncul benjolan pada selangkangan atau daerah perut. Benjlan ini akan semakin besar ukurannya jika dalam kondisi berdiri. Walaupun terkadang tidak disertai rasa sakit pada benjolan itu namun tetap saja harus dilakukan pengobatan

Bila Usus sudah terjebak atau terjepit dengan waktu yang cukup lama maka hal itu akan menyebabkan rasa sakit, mual, muntah, timbul rasa nyeri dan kemudian diikuti uleh gangguan pencernaan.


Jenis-Jenis Hernia (Turun Berok)
1. hernia reponibilis, yakni hernia yang masih dapat keluar masuk isi hernia keluar jika berdiri atau mengejan dan masuklagi jika berbaring atau didorong masuk.

2. irreponibililis yakni hernia yang tidak dapat keluar masuk lagi atau isi kantung hernia tidak bisa dikembalikan lagi ke tempat semula.

Berdasarkan terjadinya Hernia (Turun Berok)
1. hernia kongenital (bawaan lahir) misalnya hernia umbilicalis, yakni hernia pada pusar yang menonjol ketika bayi menangis, mengejan, batuk dan aktifitas lain yang menyebabkan tekanan rongga perut meningkat.

2. hernia yang timbul karena dipicu berbagai faktor


Pengobatan  Turun Berok (Hernia) 
Untuk pengobatan  cobalah ramuan resep ini :
  • Satu butir telur ayam kampung.
  • Tiga sendok makan madu asli.
  • Tiga sendok makan minyak samin.
  • Air putih secukupnya.


Cara Meramu :
Tuangkan ke dalam gelas telur, madu dan minyak samin lalu tambahkan sedikit air, setelah itu aduk sampai tercampur rata. Kemudian minum diwaktu pagi hari, hasilnya akan anda rasakan pada perut yang terasa sakit. Dan bila dilakukan berulang-ulang akan cepat sembuh penyakit hernia ( poros ) yang Anda derita. Cobalah resep ini Insya Allah Anda sembuh seperti sedia kala.

Pencegahan Dini Turun Berok (Hernia)
Sebelum terkena turun berok  ada baiknya kita atasi sejak dini saja apabila ada gejalanya sebelum menjadi parah. Ada beberapa tips baik dari pengalaman pribadi dan juga info dari teman-teman mengenai mengatasi turun berok sejak dini.

Caranya :
  • Makan yang teratur, dan perbanyak makan buah dan sayuran , Minum  jus buah manggis keseluruhan bagian buah  dan kulit manggis ( garcinia mangostana) dan beberapa tumbuhan berkhasiat obat antara lain  Bunga roselle,   Apel,  Anggur, Sirsak dan daun sirsak.
  • Kurangi merokok dan Perbanyak minum air putih
  • Apabila sudah ada gejalanya seperti sakit dibawah pusar coba tahapan berikut :
  • Urut atau pijat tradisional yang berpengalaman mengatasi turun berok
  • Kurangi angkat yang berat-berat tapi seandainya memang sudah kerjaan, ketika mengangkat barang usahakan lutut ikut ditekuk dan kita angkat dari bawah ( seperti lifter atau atlit angkat besi ).
  • Biasakan memakai cangcut atau segitiga pengaman atau sempaque.
  • Biasakan setiap pagi ( sebelum sarapan ) kaki diangkat keatas dan pantat menempel di dinding sambil perut diurut kearah dada sekitar 5 - 10 menit
  • Sebelum sarapan coba masukkan jari ke mulut ( agar seperti mau muntah ) agar kita seperti mau muntah dan ketika kita akan seperti mau muntah, bagian dalam perut kita terutama usus akan tertarik keatas dengan sendirinya ( coba saja ).


Berikut adalah bagaimana mencegah ataupun mengobati penyakit hernia atau turun berok, tetapi begitupun kami merekomendasikan untuk melakukan pengobatan secara medis di rumah sakit yang baik pula. Demikian semoga bermanfaat dan kita semua dijauhkan oleh Alloh dari penyakit hernia atau turun berok tersebut. Aamiin..

Bagikan artikel ke:

Facebook Google+ Twitter